DPRD Kabupaten Sleman Menerima Audiensi Federasi Serikat Pekerja Mandiri (FSPM)

Federasi Serikat Pekerja Mandiri sebagai representasi dari Pekerja Hotel dan Restoran di Kabupaten Sleman melakukan audiensi ke DPRD Kabupaten Sleman, Jum’at tanggal 27 Juli 2018, diterima di Aula DPRD Sleman oleh R. Inoki Azmi Purnomo, S.Ag., (Wakil Ketua DPRD), H. Sofyan Setyo Darmawan, ST, M.Eng.(Wakil Ketua DPRD) dan Arif Kurniawan, S.Ag. MH (Sekretaris Komisi D), didampingi perwakilan dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Sleman.

Dalam kesempatan audiensi, Pimpinan rombongan dari FSPM menyampaikan aspirasi kepada DPRD Sleman :

  1. Secara umum untuk melakukan upaya meningkatkan kesejahteraan pekerja/ buruh yang bekerja pada sektor-sektor yang menjadi sektor unggulan melalui penerapan Upah Sektoral
  2. Menerapkan Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK) bagi Pekerja Hotel dan Restoran di Kabupaten Sleman pada tahun 2019.
  3. Mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman untuk mengawal perjuangan penerapan upah minimum sektoral dengan cara meminta Gubernur DIY menetapkan upah minimum sektoral provinsi atau upah sektoral kabupaten / kota sesuai dengan yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan

Perwakilan dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja menyampaikan bahwa aspirasi yang disampaikan akan ditindaklanjuti bersama dengan Dewan Pengupahan untuk mengkaji sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menanggapi aspirasi yang disampaikan Arif Kurniawan, S.Ag., MH menyampaikan akan segera mengundang dan mengkomunikasikan dengan pihak-pihak terkait (PHRI, APINDO, OPD terkait) yang ada di Kabupaten Sleman, juga kita ingin mengetahui dan memperhatikan kemampuan dari perusahaan-perusahaan yang bersangkutan.

H. Sofyan Setyo Darmawan menyampaikan, mendukung aspirasi yang disampaikan,  aspirasi tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan dan perlu dikaji angka yang sesuai untuk diterapkan. Penetapan Upah Minimum adalah kewenangan Gubernur sehingga perlu  disampaikan ke Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

R. Inoki Azmi Purnomo, S.Ag. yang memimpin Audiensi menyampaikan terima kasih kepada FSPM yang telah datang menyampaikan aspirasi ke DPRD Sleman dengan tertib, R. Inoki juga menyampaikan bahwa apabila nantinya diperlukan regulasi di tingkat Kabupaten, akan menyiapkan regulasinya. Selanjutnya Pimpinan DPRD mengharapkan dari FSPM terus selalu komunikasi dengan Komisi D, sehingga nantinya kebijakan yang ditetapkan sesuai dengan aspirasi dan Peraturan yang berlaku.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *