Komisi B DPRD Sleman Dukung Dinas Pariwisata Kembangkan Destinasi Wisata Minat Khusus untuk Tingkatkan PAD

setdprd.slemankab.go.id – Dalam rangka meningkatkan PAD dari sektor Pariwisata di Kabupaten Sleman, komisi B DPRD Kabupaten Sleman bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman melakukan monitoring ke beberapa potensi wisata yang kurang mendapat perhatian Pemerintah Daerah, di antaranya tempat Wisata Religi Turgo Makam Syekh Jumadil Qubro di Hargobinangun, Pakem, dan Bukit Klangon Merapi di Cangkringan Sleman, rombongan yang terdiri dari Ketua Komisi B Nurhidayat, A.Md., Wakil ketua Banudoyo Manggolo, S.Kom., sekretaris Rahayu Widi Chahyani, S.H., M.M., dan anggota B. Ari Murti, S.E., H. Ardi, S.Ag., M.M.Par., M.M., Dara Ayu Suharto, S.H., dan Sukamto, S.H. Serta dari Dinas Pariwisata Dewi Setyowati, ST, M.Eng., Aris Herbandang, SIP., Nyoman Rai Savitri, S.Psi, M.Ec.Dev serta para jajaran di Dinas Pariwisata Sleman (6/1).

Ketua Komisi A Nurhidayat mengatakan Syeh Jumadil Qubro merupakan salah satu tokoh Agama Islam, harus ada study khusus dari akademik mengenai sejarahnya, supaya saat ada pengunjung ziarah di maqam ini tidak salah tafsir, karena saat ini masih terjadi simpang siur dan kurang nya pemahaman dari masyarakat sekitar, tambahnya.

Komisi B mengunjungi wisata Religi Turgo yang ada di Pakem, Turgo menjadi wisata minat khusus, saat ini di puncak bukit terdapat maqam yaitu maqam (petilasan) Syekh Jumadil Qubro dan di samping nya terdapat maqam Syekh Subakir, menurut informasi Syekh Qubro merupakan eyang dari 9 wali penyebar Agama Islam di Nusantara, untuk mencapai puncak peziarah memerlukan waktu sekitar 1,5 jam melewati jalan setapak hutan desa, umumnya peziarah datang di malam jumat, dan hari sabtu ataupun minggu, rata – rata peziarah datang rombongan sekitar 200-300 orang, di Dusun Turgo sudah tersedia tempat parkir ataupun homestay dengan fasilitas MCK, setiap homestay di kelola oleh masyarakat sekitar dengan kapasitas 8-10 orang. Sedangkan untuk jalur tracking sejauh 1,5 km, rest area, MCK, Gapura, perataan tempat parkir mendapat bantuan dari Gubernur.

Tujuan selanjutnya Komisi B ialah Bukit Klangon Merapi, lereng Merapi menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan saat berkunjung ke Sleman, dari sekian banyak Objek yang ada di kawaasan Lereng merapi, terdapat spot terbaik untuk mengabadikan moment dengan latar belakang Gunung Merapi. Bukit Klangon yang terletak di dusun Kalitengah lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman menyimpan Potensi wisata yang cukup menarik, bisa dibilang bukit tersebut sangat dekat dengan puncak Merapi yang masih sangat mudah di jangkau dengan kendaraan roda 4 sekalipun. Namun, sampai saat ini, bukit Klangon belum banyak dilirik, karena masih kalah pamor dengan beberapa objek wisata lereng merapi lainnya. Mungkin kurang nya perhatian pemerintah terkait fasilitas yang ada dan kurangnya promosi untuk menarik wisatawan datang. Sudah banyak ide gagasan dari  masyarakat untuk menaikan pamor Bukit klangon, dengan menambah fasilitas – fasilitas penunjang. Sektor pariwisata bukit klangon sebenarnya menyimpan potensi besar untuk untuk dikembangkan, pasca erupsi merapi animo wisatawan berkunjung ke lereng merapi cukup besar tetapi masih didominasi ke daerah lereng merapi lainnya.

©Humas 2020 (afp)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *