Pentasyarufan Akbar Akhir Tahun  BAZNAS Sleman 

setdprd.slemankab.go.id – BAZNAS Kabupaten Sleman menggelar acara  pentasyarufan akbar akhir tahun, dihadiri oleh perwakilan Pimpinan DPRD Kabupaten Sleman dari Fraksi PDI Perjuangan Dra. Hj. Sri Haryani, M.Si. dan bersama Bupati Sleman serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda Sleman bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman.(22/12)

Dalam pidato Ketua DPRD yang dibacakan Sri Haryani menyampaikan, Zakat mempunyai potensi yang besar untuk membantu kehidupan dan perekonomian umat. Sebagaimana yang kita ketahui zakat merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam, hal ini telah ditetapkan dalam al-qur’an dengan jelas. Zakat tidak hanya berdimensi pada ibadah saja, tetapi juga berdimensi sosial dan ekonomi umat. Dari dimensi sosial dan ekonomi inilah yang harus dikembangkan secara luas, dimana zakat yang diharapkan mampu mengatasi problema kemiskinan dan kesenjangan sosial.

Kami meyakini bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman sudah melakukan berbagai upaya dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program pembangunan infrastruktur pendukung, peningkatan sumber daya manusia dan ekonomi kerakyatan. Namun demikian, yang perlu diperhatikan bahwa upaya ke arah itu tidak hanya sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah, akan tetapi sangat diperlukan sekali partisipasi, dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat.

Sebagai umat Islam kita diajarkan bahwa Islam tidak hanya mengatur urusan-urusan yang berkaitan dengan masalah ibadah saja, tapi juga masalah sosial kemasyarakatan. Mengatasi masalah sosial adalah bagian yang tak kalah pentingnya disamping pelaksanaan ibadah formal. Bahkan dalam batas-batas tertentu, keimanan atau keislaman seseorang bisa diukur dari sejauhmana tingkat kepedulian sosialnya terhadap sesama. Mari kita tingkatkan rasa kepedulian kita terhadap masyarakat atau pun pihak-pihak yang memang membutuhkan uluran kita, tentu dengan menghimpun dana melalui BAZNAS Kabupaten Sleman.

“Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada kepada ketua dan segenap pengurus Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sleman yang telah bekerja dengan amanah dan profesional dan melaksanakan pentasharufan pada akhir tahun 2020 ini. Terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh muzakki  yang telah menyerahkan kewajiban zakatnya teriring doa semoga mendapatkan pahala, dan rezekinya selalu dilipat gandakan oleh Allah SWT, aamiin”, tambahnya.

Dalam acara ini BAZNAS Kabupaten Sleman menyerahkan sejumlah bantuan secara simbolis kepada para penerima manfaat sesuai dengan 5 program yang dimiliki dan menjadi fokus BAZNAS Kabupaten Sleman.  Diataranya bantuan  untuk program Sleman Produktif berupa bantuan modal usaha, Program Sleman Peduli berupa bantuan untuk para pengungsi Merapi dan bedah rumah RTLH, Program Sleman Cerdas berupa bantuan beasiswa pendidikan untuk anak SD dan SMP, Program Sleman Sehat berupa bantuan santunan biaya pengobatan dan fasilitas ambulance, dan terakhir Program Sleman Taqwa berbentuk  pendampingan muallaf.  

Dengan terselenggaranya acara ini BAZNAS Sleman berharap semakin memperkuat peran Baznas sebagai lembaga yang membantu dalam mengentaskan kemiskinan dan memberdayakan masyarakat Sleman menjadi lebih sejahtera.  Selama periode Januari-November 2020 BAZNAS Kabupaten Sleman telah  berhasil  menghimpun dana ZIS  sebesar Rp 5,1 milyar dan total pendistribusian Rp 4,4  milyar dengan daya serap 86%. BAZNAS Kabupaten Sleman  mengucapkan terima kasih kepada para muzaki dan munfik atas partisipasi dan kepercayaannya kepada BAZNAS Kabupaten Sleman dalam menyalurkan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS). BAZNAS Kabupaten Sleman dengan sepenuh hati akan mengelola titipan muzaki dan munfik dengan amanah, transparan, dan profesional.   Kedepan BAZNAS Kabupaten Sleman berharap  penghimpunan ZIS akan terus meningkat sehingga semakin banyak para penerima manfaat yang terbantu dan menjadi lebih sejahtera.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *