Paripurna DPRD Kabupaten Sleman Peringatan Hari Jadi ke 105 Kabupaten Sleman tahun 2021

setdprd.slemankab.go.id – Hari Jadi ke 105 Kabupaten Sleman pada tahun 2021 diselenggarakan dengan penuh kesederhanaan. Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi ke 105 Kabupaten Sleman dilaksanakan secara virtual. Undangan meliputi Kepala OPD, Panewu, Lurah dan masyarakat melalui live streaming. Hal ini menginat masih adanya pandemi Covid-19, turut hadir mengikuti rapat Paripurna Mantan Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.Si. dan Mantan Ketua DPRD H. Koeswanto, S.I.P. adapun tema yang diangkat pada peringatan hari jadi tahun ini adalah Optimalisasi Potensi Lokal Dalam Rangka Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Masyarakat”.

Rapat Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Arif Kurniawan, S.Ag., M.H. dalam sambutannya DPRD menyampaikan Selamat Hari raya Idul Fitri karena hari tersebut hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran 1442 H “saya mewakili Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sleman mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Minal Aidzin wal Faidzin, dan selamat memperingati hari Kenaikan Isa Almasih bagi saudara kita yang beragama nasrani”, tambahnya. Sesuai dengan tema Peringatan Hari Jadi ke 105 Kabupaten Sleman terkait dampak pandemi dan pemulihan ekonomi Masyarakat kita harapkan mulai tahun ini ekonomi bisa pulih kembali, maka untuk mengoptimalkan sumberdaya lokal dan kapasitas lokal untuk segera membangun potensi nya masing-masinh. Motor penggerak ekonomi daerah yaitu wiraswasta, usaha Mikro dan sumberdaya lokal.  ”Program percepatan Pembangunan ekonomi spansial menika nglampahi dipun undur, awit wontenipun pageblug amargi wontenipun ewah-ewahan prioritas, supados saged dipun leksanakaken malih. Kanthi menika sektor ekonomi masyarakat kaajab enggal pulih, tambahnya”.

Selanjutnya, Ketua DPRD Kabupaten Sleman Haris Sugiharta, S.I.P. juga menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya Haris berpesan untuk meningkatkan potensi SDM yang mumpuni, karena tidak dipungkiri di era pandemi saat ini semua serba online, harapannya perekonomian tetap jalan melalui media sosial atau online. Di sektor pendidikan Jaringan IPTEK perlu diterapkan untuk meningkatkan SDM Guru, orang tua dan para siswa, supaya kemajuan teknologi di Kabupaten Sleman bisa membuat masyarakat lebih cerdas dan mampu mengikuti zaman serba modern, teruatama di era pandemi dan pembatasan sosial. “Kanthi potensi SDM ingkang mumpuni, pemanfaatan teknologi kangge ngupaya  ngrembakana nipun potensi lokal ingkang wonten saged dipun lampahaken sesarengan kanthi sae.  Lumawat media sosial, nggampilaken lan nyepetaken anggenipun badhe promosi lan masaraken produk-produk lokal sae menika ing sektor perdagangan, agribisnis, pariwisata, hotel lan restoran”, tambahnya.

Sementara Bupati Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo menyampaikan, Peringatan Hari Jadi saat ini diselenggarakan dengan penuh kesederhanaan karena masih di masa pandemi Covid-19 yang saat ini memasuki tahun ke dua, berbagai upaya sudah dilakukan termasuk pemberian vaksin bagi SDM Kesehatan, Pekerja Publik, serta lansia, namun upaya tersebut tidak akan memberikan hasil maksimal apabila tidak ada dukungan dari masyarakat Dukungan dari masyarakat yang sangat dibutuhkan adalah dalam bentuk kepatuhan untuk melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. “Sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat Tatanan Kehidupan Baru ini adalah titik tolak yang diharapkan masyarakat untuk kembali produktif, artinya bisa kembali beraktivitas tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu dengan menerapkan tatanan kehidupan baru ini diharapkan dapat segera memulihkan perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi Covid19”, tambahnya.

Humas DPRD 2021 (afp)

*Note : Jalannya Rapat Paripurna menggunakan Bahasa Jawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *