Paripurna DPRD Kabupaten Sleman dengan Agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021

setdprd.slemankab.go.id – DPRD Kabupaten Sleman kembali menggelar paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021. Turut menghadiri Pimpinan DPRD, Bupati, Wakil Bupati, Pimpinan Fraksi, serta Pimpinan OPD terkait. Rapat dilaksanakan melalui virtual, dihadiri sekitar 50 participant. Paripurna diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Banudoyo Manggolo, S.Kom.(23/8)

Dalam Pidatonya Ketua DPRD Haris Sugiharta, S.IP. menyampaikan nota kesepakatan antara Bupati dengan ketua DPRD tentang Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021, selanjutnya terkait Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021 yang sebelumnya telah dibahas dalam rapat kerja Komisi bersama mitra kerja, Badan Anggaran dan TAPD. Untuk selanjutnya Fraksi-Fraksi disilakan mencermati Nota Keuangan beserta Raperda dimaksud, untuk kemudian mempersiapkan Pandangan Umum Fraksi, tambahnya.

Bupati Sleman dalam Pidatonya menyampaikan harapannya, bahwa Raperda tentang perubahan APBD ini dapat kita bahas bersama dan segera dapat ditetapkan menjadi Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Kabupaten Sleman Tahun Anggaran 2021. Rencana Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021 ini dilakukan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut

  1. Perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi Kebijakan Umum Anggaran
  2. Penyesuaian target pendapatan daerah.
  3. Keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar organisasi, antar unit organisasi, antar program, antar kegiatan dan antar jenis belanja.
  4. Pemenuhan anggaran dari beberapa kegiatan prioritas.
  5. Adanya sisa lebih perhitungan anggaran (SiLPA) Tahun Anggaran 2020

”Alokasi tambahan belanja digunakan untuk menangani pandemi covid-19 baik untuk bidang kesehatan, pemulihan ekonomi maupun bantuan sosial. Selain itu juga tetap memperhatikan program dan kegiatan yang menjadi prioritas dalam rangka mencapai target-target dalam Rencana Pembangunan Jangka menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026”, tambah nya.

Dilanjutkan penyerahan secara simbolis Nota Keuangan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 dari Bupati ke Pimpinan DPRD.

(afp) 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *