Rapat Paripurna Penandatanganan MoU Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021

setdprd.slemankab.go.id – Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sleman ke-14, masa Persidangan III Tahun Sidang 2020-2021, pada hari ini Kamis, 26 Agustus 2021 secara resmi telah dibuka oleh Haris Sugiharta, SIP pimpinan Rapat Paripurna pada hari ini.

Sesuai dengan Pasal 9 ayat (4) huruf ã Peraturan DPRD Kabupaten Sleman Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib, agenda Rapat Paripurna pada hari ini adalah :
1. Penyampaian Laporan Hasil Rapat Kerja dalam rangka Sinkronisasi Pandangan Umum Fraksi-Fraksi dengan Jawaban Bupati terhadap  Raperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Sleman Tahun Anggaran 2021.
2. Permintaan Persetujuan dari Anggota DPRD.
3. Penandatanganan Persetujuan Bersama dan;
4. Pendapat Akhir Bupati.

Selanjutnya, Arif Kurniawan, S.Ag., M.H sebagai Juru bicara DPRD menyampaikan Laporan Hasil Rapat Kerja dalam rangka Sinkronisasi Pandangan Umum Fraksi-Fraksi dengan Jawaban Bupati terhadap  Raperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Sleman Tahun Anggaran 2021. Arif Kurniawan mengatakan dalam laporannya “Rapat kerja tersebut dimaksudkan untuk menindaklanjuti serta menyamakan persepsi atas Pandangan Umum Fraksi-fraksi dengan Jawaban Bupati, sehingga memperjelas atas Jawaban Bupati. Adapun hasil rapat kerja dalam rangka sinkronasi tersebut, bahwa semua fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sleman sepakat terhadap jawaban Bupati atas pandangan umum fraksi-fraksi yang telah disampaikan”.
Beliau juga menambahkan, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan yaitu
1. Dalam rangka percepatan kegiatan vaksinasi di wilayah Kabupaten Sleman, diharapkan dapat terselesaikan bulan September – Oktober 2021 dan mencapai angka 70%, baik dengan sentra-vaksin maupun dengan vaksin regular. Kegiatan vaksinasi dibarengi dengan kegiatan sosialisasi di masyarakat mengenai ketentuan, prosedur dan manfaat vaksinasi.
2. Perlu peningkatan sinergi antara Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman dengan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) dan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang terkait peta irigasi di wilayah Sleman dan Pemanfaatan lahan berstatus LP2B khususnya Sleman Barat.
3. Terkait pendaftaran peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) diharapkan dapat dipermudah, namun tetap melalui verifikasi yang selektif agar tepat sasaran.
4. Terkait dengan Pemulihan stabilitas ekonomi di era pandemi salah satunya dengan melakukan pelatihan bagi pelaku umkm, kemudian untuk pemasaran hasil UMKM terfokuskan pada penjualan secara online.

Didalam Rapat Paripurna ini Bupati Sleman juga menyampaikan Pendapat Akhirnya. Selanjutnya, pelaksanaan penandatanganan persetujuan bersama DPRD dan Bupati Sleman Raperda tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2021 menjadi Perda Kabupaten sleman telah ditandatangani oleh Bupati dan Ketua DPRD, disaksikan oleh Wakil Bupati Sleman, pimpinan DPRD dan Ketua ketua fraksi. Haris Sugiharta juga menginformasikan bahwa berdasarkan Pasal  12 Peraturan DPRD Kabupaten Sleman Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib DPRD, bahwa Rancangan Peraturan Daerah  tentang RPJMD, APBD, Perubahan APBD, Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD, pajak daerah, retribusi daerah, dan penataan ruang daerah yang telah disetujui bersama oleh DPRD dan Bupati dalam rapat paripurna, dapat  diundangkan setelah dilakukan evaluasi oleh Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat sesuai kewenangannya.

(ajeng) 2021

Satu tanggapan untuk “Rapat Paripurna Penandatanganan MoU Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *