Rapat Konsultasi Rekomendasi Panitia Kerja Tata Tertib DPRD Kabupaten Sleman

setdprd.slemankab.go.id – Rapat Panja Tatib DPRD Kabupaten Sleman berlangsung pada hari Jum’at, 8 Oktober 2021 dipimpin oleh Wakil Ketua Arif Kurniawan, S. Ag., M.H. dan Tri Nugroho, S.E.. Rapat konsultasi membahas Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sleman tentang Tata Tertib yang dihadiri oleh Anggota DPRD Sleman secara tatap muka.

Bahwa Tata Tertib yang dimuat dalam Peraturan DPRD setidaknya sama dengan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota. DPRD Kabupaten Sleman perlu membuat Petunjuk Teknis dalam rangka pelaksanaan tugas dan Fungsi DPRD.

Adapun point – point yang perlu diberikan penjelasan antara lain:

  1. Pengertian “Hari Kerja” untuk kegiatan reses, kunjungan kerja dan kegiatan lainnya  apakah diperkenankan di hari Libur Nasional.
  2. Identifikasi Perda.
  3. Hearing Pengawasan Perda.
  4. Public Hearing Raperda.
  5. Sosialisasi Perda Inisiatif DPRD dan Inisiatif Bupati.
  6. Prosedur yang harus dilalui dalam pembahasan usulan Raperda Inisiatif DPRD.
  7. Mekanisme Konsultasi, Fasilitasi dan Evaluasi Raperda yang dilakukan ke Biro Hukum DIY.

Arif Kurniawan, S. Ag., M.H. sebagai pimpinan rapat Panja mengatakan “Rapat Panja siang ini dimaksudkan untuk menindaklanjuti bahwa Tata Tertib sudah dimuat dalam Peraturan DPRD, Tata Tertib perlu dibuat agar tidak ada kesimpang-siuran dalam memahami aturan sebagaimana perkembangan hukum positif yang ada. Supaya masyarakat juga tahu, kami (Anggota Dewan) juga bekerja demi kemakmuran masyarakat.” Ucapnya ketika menyampaikan dalam rapat Panja membahas Peraturan DPRD Kabupaten Sleman tentang Tata Tertib.

(justicia) 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *